Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer di Server dan Personal

Bebas posting apa saja, diskusi apa saja, tetap gunakan bahasa yang sopan dan santun.
Post Reply
fahri teza
~ Prajurit ~
~ Prajurit ~
Posts: 15
Joined: Wed Dec 13, 2017 10:47 am

Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer di Server dan Personal

Post by fahri teza » Wed Dec 13, 2017 11:08 am

Bagaimana firewall dapat bekerja?

Pada dasarnya, cara kerja firewall pada sebuah jaringan sangatlah sederhana dan juga sangat mudah untuk dipelajari, karena cenderung simple dan jga singkat. Sama seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya, sebuah tembok virtual alias firewall ini bekerja seperti sebuah pagar yang digembok, dimana tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Jadi, secara garis besar, tidak semua konten di dalam jaringan internet nantinya tidak dapat sembarangan masuk ke dalam komputer, karena sudah terhalang oleh firewall ini. Berikut ini adalah cara kerja firewall pada jaringan komputer :

Cara Kerja Firewall Pada Komputer Personal
Cara kerja firewall pada komputer umumnya lebih sederhana, namun tetap membutuhkan ram komputer yang cukup untuk memanfaatkannya. Biasanya, dalam penggunaan personal, firewall akan sangat bermanfaat apabila anda melakukan koneksi antara komputer anda dengan akses internet public, seperti public hotspot, ataupun menggunakan modem orang lain.

Ketika anda akan menggunakan akses internet ke dalam komputer anda, maka ada baiknya anda menyalakan terlebih dahulu firewall pada komputer anda. apabila komputer anda menggunakan sistem operasi windows, maka berikut ini adalah langkah – langkah untuk mengaktifkan firewall pada komputer anda dengan mudah :
Buka control panel pada komputer anda, dengan cara klik Start, kemudian pilih Control Panel
Pilih menu Windows Firewall pada jendela Control Panel
Kemudian, jendela konfigurasi dari Windows Firewall akan terbuka
Pada jendela Windows Firewall, pilih tab Change Notification Settings
Pada tab Notification Settings, anda akan mendapati beberapa jaringan yang sudah pernah terhubung dengan komputer anda, dan jaringan yang bisa terhubung dengan komputer anda
Kemudian, pilih option button bertuliskan Turn On Windows Firewall, kemudian centang pilihan Notify Me When Windows Firewall Block a New Program
Dengan melakukan konfigurasi tersebut, maka Windows Firewall anda pun sudah aktif, dan bisa digunakan.


Setelah Windows Firewall anda aktif, anda juga bisa memilih program dan juga aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk mengakses internet pada komputer anda. Caranya adalah :
Masuk lagi ke jendela Windows Firewall
Pilih menu Allowed Prgram pada jendela Windows Firewall
Kemudian akan muncul daftar program dan juga aplikasi yang sudah terinstall pada komputer anda. Pilih program apa saja yang dapat melakukan akses terhadap internet, dan program apa saja yang tidak dapat terkoneksi ke dalam internet, lalu klik OK.

Dengan melakukan kedua langkah tersebut, maka koneksi antara komputer anda dengan internet kini sudah terhalang oleh sebuah firewall, yang siap untuk mengamankan komputer anda dari serangan – serangan malwae yang berbahaya.Ketika firewall tersbut sudah aktif, maka ketika komputer anda terhubung ke dalam internet, Firewall akan otmatis bekerja.

Firewall akan membantu menganalisa dan juga melakukan pendeteksian mengenai situs, aplikasi, software, file, dokumen, ekstensi, dan juga segala macam bentuk – bentuk format yang dianggap mencurigakan di dalam internet. Ketika firewall berhasil mendeteksi bahwa konten yang akan kita akses di dalam internet adalah konten yang berbahaya, atau berisiko membahayakan, maka firewall kemudian akan secara otomatis memblokir akses terhadap konten tersebut, sehingga kita tidak bisa mengaksesnya.
Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer. Bisa kita bilang bahwa firewall merupakan perangkat lunak jaringan komputer yang perannya sangat penting jika anda sudah terkoneksi pada jaringan. Selain untuk penggunaan personal, biasanya firewall juga seringkali digunakan pada sebuah jaringan komputer yang sifatnya local atau LAN, dimana jaringan LAN tersebut memiliki akses ke dalam sebuah jaringan internet.

Fungsi firewall pada jaringan LAN jauh lebih kompleks dan juga jauh lebih rumit dibandingkan fungsi firewall pada penggunaan personal. Hal ini disebabkan karena, selain digunakan untuk melindungi setiap compute user dari serangan konten – konten berbahaya dan tidak diinginkan, firewall pada jaringan, terutama jaringan LAN juga difungsikan sebagai cara menjaga keamanan jaringan komputer termasuk datanya tersebut.

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests